Hal Yang Menjadi Penyebab Anak Satu Tahun Susah Makan


Beberapa anak yang awalnya rajin makan menjadi malas untuk makan biasa terjadi pada usia 1 tahun. Hal ini mungkin membuat para orangtua menjadi sangat kebingungan dan mencari tahu Apa penyebab anak malas makan. Tenang saja Mam, itu adalah hal yang normal, penyebab anak balita susah makan karena, setiap balita pasti akan melalui tahap pilih-pilih makanan dan ada pula yang berselera makan seperti orang dewasa.

Berikut Adalah Beberapa Penyebab Anak 1 Tahun Susah Makan

  • Mekanika Mulut Anak

Yang satu ini mungkin sedikit rumit untuk diketahui oleh orang tua karena Mama perlu mempertimbangkan bagaimana cara si Kecil mengunyah dan menelan makanan mereka. Hal ini tidak berlaku bagi anak yang sudah berusia 2 setengah tahun ya, karena pada usia itu anak sudah bisa untuk makan makanan yang sama seperti orang dewasa.

Tanda-tanda bahwa anak Anda mungkin tidak mengunyah dengan baik adalah, tersedak setelah makanan sudah di mulut mereka untuk beberapa detik atau menit, menyemburkan makanan setengah dikunyah, atau memuntahkan makanan yang sudah dikunyah. Mereka juga mungkin memiliki kesulitan menyusu dan susah beradaptasi dengan makanan baru. Anak-anak akan mulai menolak untuk makan karena mereka tidak tahu bagaimana cara untuk mengunyah atau ada ketakutan jika nanti muntah lagi saat makan.

Baca Juga : Resep Makanan Anak 1 Tahun Susah Makan

Penyebab Anak Satu Tahun Susah Makan

  • Rutinitas Makan

Apa yang saya maksud dengan rutinitas tepatnya? Yah, saya sangat percaya bahwa struktur dan rutinitas saat makan dan waktu makan yang paling tepat untuk si Kecil. Namun karena kendala susah makan yang menjangkit anak-anak maka rutinitas makan tidak akan berjalan lancar. Hal ini bisa membuat para orangtua kebungungan. Kita semua memiliki kebiasaan makan yang nyaman dan rutinitas yang kita telah menetapkan untuk diri kita sendiri sebagai orang dewasa. 

Hal Yang Menjadi Penyebab Anak Satu Tahun Susah Makan

Kita sering melakukan apa yang nyaman bagi kita dan anak-anak kita, tetapi tidak selalu apa yang menyebabkan kita untuk terus mengajarkan mereka kebiasaan yang kita inginkan untuk mereka miliki. Jika waktu makan anda sendiri tidak teratur, perhatikan seberapa sering mereka makan. Jangan serng makan didepan TV atau buah hati anda akan mengikuti kebiasaan itu, apabila si Kecil makan didepan TV konsentrasinya untuk makan akan terbagi dan jangan biarkan si Kecil memilih apa yang mereka ingin makan. Jika mereka tidak makan dengan baik atau bersedia untuk mencoba makanan, kurangnya rutinitas makan dapat menjadi alasannya, atau setidaknya bagian dari itu.

  • Tingkah laku Anak

Tingkah laku adalah hal terakhir yang patut untuk Mama pertimbangkan. Untuk anak-anak yang memiliki riwayat menjadi picky eaters, perilaku adalah bagian dari teka-teki, tapi biasanya itu telah berkembang dari salah satu alasan susah makan pada anak, perilaku anak-anak yang Picky Eaters diantaranya: menangis atau melempar untuk mendapatkan makanan apa yang mereka inginkan.

Semua anak-anak melewati tahap-tahap perkembangan yang berbeda mereka hanya sedang menguji kesabaran Anda dan Anda bisa bertaruh mereka akan mengujinya pada waktu makan. Setelah semua ini berakhir, akan tiba saatnya dimana mereka benar-benar memiliki kontrol sendiri terhadap makan. Jenis-jenis fase ini adalah masalah kecil, terjadi hanya sementara dan tidak berat.


Jangan khawatir Mam … Itu masalah kecil. Laperma Platinum solusinya!
Laperma Platinum adalah PILIHAN TERBAIK untuk penambah nafsu makan anak.
Sudah LOLOS UJI BPOM Lho!
Laperma Platinum terbuat dari madu berkualitas, ekstrak ikan salmon, temulawak dan temuireng.
Rasa madu Laperma manis dan disukai anak-anak.
Khasiat utama Laperma Platinum adalah untuk menambah nafsu makan anak dan menjaga daya tahan tubuhnya. Asyik kan!

Sudah ribuan Mama yang mencoba, dan testimoninya positif.
Jangan tunggu lagi Mam. Beli sekarang Mam! Klik di Sini!