Perlukah Pemberian Vitamin Penambah Nafsu Makan Untuk Bayi Usia 8-9 Bulan


Pada umumnya susah makan dialami oleh anak pada saat memasuki usia 1 tahun. Namun bukan tidak mungkin dibawah usia 1 tahun anak-anak bisa mengalami susah makan. Saat menginjak usia 6 bulan bayi sudah bisa diberi makanan pendamping ASI. Rekomendasi yang dianjurkan oleh WHO sebaiknya adalah ASI eksklusif selama 6 bulan pertama karena nutrisi yang dikandung oleh ASI mencukupi untuk kebutuhan gizi bayi sampai dengan usia 6 bulan.

Setelah usia tersebut maka dianjurkan untuk memberikan makanan tambahan dengan konsistensi dari cair-semi padat-sampai padat secara perlahan-lahan. Pada usia 6- 9 bulan, dimulai makanan tambahan pendamping dari yang cair terlebih dahulu (susu formula) ditambah makanan halus seperti bubur susu, buah, dan sayuran. Makanan ini dihaluskan dan dimasak (tim halus). ASI masih WAJIB diberikan, dianjurkan diteruskan selama 1 tahun kehidupan. Bahkan jika memungkinkan untuk diteruskan hingga 2 tahun, justru hal ini lebih baik bahkan karena kandungan yang terasupi menjadi lebih lengkap. Pada usia 9-12 bulan, konsistensi makanan menjadi makanan semi-padat atau disaring, istilahnya tim saring. Usia ini kombinasi antara bubur susu, buah, tim saring.

Makanan ini diberikan dengan tujuan untuk melatih kemampuan pergerakan rahang atas dan bawah dan melatih kemampuan mengunyah (penggunaan gigi apabila sudah ada). Selanjutnya dapat disajikan makanan dengan tekstur padat atau kasar.

Namun sering kali Mama merasa khawatir jika si Kecil hanya suka ASI dan malas-malasan saat makan. Dan berinisitif untuk memberikan vitamin bayi susah makan khususnya vitamin bayi 8 bulan dan vitamin bayi 9 bulan. Jadi pemberian vitamin untuk bayi usia dibawah 1 tahun tidak perlu dilakukan. Perilaku bayi yang tidak mau makan bukan karena bayi kehilangan selera makan. Yang lebih mungkin terjadi adalah bayi sedang menempatkan diri dalam diet pemeliharaan tubuh. Hal ini dikarenakan di usia menjelang 1 tahun kenaikan berat badannya  tidak secapat di bawah usia 1 tahun. Baca Juga Khasiat Lempuyang

Perlukah Pemberian Vitamin Penambah Nafsu Makan Untu Bayi Usia 8-9 Bulan

Semua tingkah laku bayi harus dihadapi orangtua dengan sabar, dan tidak perlu kesal atau marah sampai harus memaksa bayi makan, karena kalau itu yang terjadi malah tidak sehat karena dapat membuat bayi trauma Selain itu, faktor lain yang dapat memicu perilaku bayi tersebut adalah bertambahnya minat bayi terhadap dunia di sekitarnya. Saat ini jadwal makan justru terasa “sangat mengganggu” bayi, lantaran ia sebenarnya inginterus bergerak, bukannya duduk manis untuk makan. Ada begitu banyak hal yang dapat dilakukan dan dapat dilihat, sehingga jadwal makan hanyalah menyita waktu. Selain itu, di usia bayi menuju batita, kemandirian bayi mulai tumbuh. Ini mempengaruhi reaksinya pada makanan yang disantapnya. Baca pula Khasiat Ikan Salmon

Vitamin Penambah Nafsu Makan Untuk Bayi Usia 8-9 Bulan

Bayi yang sedang dalam proses berkembang menjadi batita memutuskan dialah yang menjadi tuan di meja makan, bukan orangtua atau pengasuhnya. Karena itu bayi mulai memilih makanan yang ingin dikonsumsi. Dalam keadaan seperti ini sebaiknya orangtua mengikuti kemauan bayi dulu. Pastikan saja bayi mendapat makanan pengganti, misal, snack bergizi dan susu. Pada suatu saat kebiasaan ini akan berlalu juga. Kemungkinan lain penyebab bayi tidak mau makan selain faktor psikologis adalah faktor fisik seperti bayi akan tumbuh gigi. Pertumbuhan gigi memang membuat rasa tidak enak pada bayi sehingga ia menolak untuk makan. Bayi yang sedang tidak enak badan seperti batuk-pilek juga bisanya melakukan hal yang sama. Apabila ibu curiga karena ada sebab lain atau masalah medis yang mendasari tingkah lakunya maka Mama dapat membawanya ke Dokter special anak untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga : Makanan Anak

Tips untuk membuat anak mau makan

  1. Beri kesempatan anak makan sendiri. Dengan makan sendiri anak akan merasa tugas barunya yaitu makan sendiri sangat menarik hatinya.Kedua, cobalah biarkan anak sendirian. Letakkan makanan di hadapannya, dan sibukkan diri Anda. Kemuadian hentikan acara makan apabila anak tidak mau makan dan beri anak peringatan tegas dan ingat tidak perlu memarahi, agar anak tidak mengulangi lagi perbuatannya. Lakukan secara berulang, anak akan segera mengetahui maksud Anda.
  2. Pemberian vitamin dengan kandungan lysin akan dapat menambah nafsu makan bayi. Lysine adalah asam amino esensial, dalam artian esensial untuk kesehatan manusia namun tidak dapat dibuat oleh tubuh. Lysine penting untuk menunjang pertumbuhan dan bersama vitamin D3 memperbaiki penyerapan kalsium dalam tubuh. lysine sendiri memang dapat meningkatkan Nafsu Makan Anak.

Sumber lysine terbaik ada di dalam

  • Daging
  • Keju
  • Ikan
  • Kacang
  • Telur
  • Kedelai
  • Spirulina

Pada usia 5 bulan – 2 tahun lysine dibutuhkan sekitar 69 mg/kgBB/hari. Apabila kandungan nutrisi bayi dapat tercukupi dari makanan sehari-hari maka tidak perlu tambahan vitamin untuk meningkatkan nafsu makan.


Jangan khawatir Mam … Itu masalah kecil. Laperma Platinum solusinya!
Laperma Platinum adalah PILIHAN TERBAIK untuk penambah nafsu makan anak.
Sudah LOLOS UJI BPOM Lho!
Laperma Platinum terbuat dari madu berkualitas, ekstrak ikan salmon, temulawak dan temuireng.
Rasa madu Laperma manis dan disukai anak-anak.
Khasiat utama Laperma Platinum adalah untuk menambah nafsu makan anak dan menjaga daya tahan tubuhnya. Asyik kan!

Sudah ribuan Mama yang mencoba, dan testimoninya positif.
Jangan tunggu lagi Mam. Beli sekarang Mam! Klik di Sini!