Info dan Pemesanan

CS Rika :
SMS/ WA : 0852-9971-0101
PIN BBM : DB38 C544

Facebook : fb.com/lapermaplatinum
Email : lapermaplatinum[at]gmail.com

Kebutuhan Protein Bagi Anak

Kebutuhan Protein Bagi Anak


Anda mungkin sudah mendengar bahwa protein adalah nutrisi penting karena protein sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi tahukah anda betapa besar peran protein dalam membantu perkembangan dan pertumbuhan anak?

Protein bisa dibilang sebagai nutrisi serbaguna bagi anak: membantu kontraksi otot, membantu proses penggumpalan darah, membantu proses penglihatan mata, menjaga anak tetap aktif dengan memfasilitasi berbagai reaksi kimia, membantu melawan infeksi, dan tentu yang tidak kalah penting adalah pembentukan struktur tulang, gigi, dan rambut.

Kebutuhan Protein Bagi Anak

Kebutuhan Protein Bagi Anak

Peran Protein Bagi Anak-anak

Pertumbuhan dan perbaikan (penyembuhan) atau penggantian jaringan tubuh anak merupakan tugas protein. Protein memiliki banyak peran penting dalam tubuh anak untuk mendukung kesehatannya dan melawan penyakit. Selain berfungsi sebagai pembentuk bangunan otot, darah, dan kulit, protein juga dibutuhkan untuk:

  • Mengganti sel dan jaringan yang mati atau rusak
  • Mengatur proses-proses di dalam tubuh (beberapa jenis hormon – hanya beberapa saja – adalah protein)
  • Menjaga volume dan komposisi cairan-cairan tubuh
  • Mengangkut zat-zat seperti lipida (lemak), mineral, oksigen, dan vitamin ke seluruh tubuh
  • Mempertahankan tubuh dalam melawan kanker melalui antibodi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh

Jika anak mengalami kekurangan protein, energi, atau keduanya, maka kondisi ini disebut sebagai Kekurangan Energi Protein (KEP) atau Protein-Energy Malnutrition (PEM). Salah satu hasil yang nampak dari kekurangan protein adalah pembuangan jaringan otot dan penurunan berat badan (kadang sampai drastis).

Sebaliknya, karena melimpahnya makanan berprotein di beberapa negara atau wilayah, muncullah masalah konsumsi protein berlebihan. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan (diet) yang terlampau kaya protein tidak memiliki manfaat dan dapat menjadi salah satu pemicu beberapa penyakit seperti jantung, osteoporosis, obesitas dan batu ginjal.

Sebagai contoh, protein berlebih akan dikonversi menjadi lemak tubuh. Protein berlebih juga akan memperberat kinerja ginjal. Asupan protein yang terlalu banyak juga menyebabkan kolesterol tubuh meningkat sebab mayoritas makanan berprotein tinggi juga mengandung banyak asam jenuh.

Berapa Banyak Protein yang Dibutuhkan Anak?

Berdasarkan asupan nutrisi yang direkomendasikan atau Recommended Nutrient Intake (NRI), berikut asupan protein yang direkomendasikan per harinya.

  1. Untuk anak usia 1-6 tahun adalah 17 gram hingga 23 gram per hari.
  2. Untuk anak usia 7-12 tahun adalah antara 32 gram hingga 46 gram per hari.

Berikut adalah contoh praktis bagaimana menyediakan makanan dengan jumlah protein yang direkomendasikan untuk anak usia 1-6 tahun :

  1. Untuk sarapan, hidangkan satu butir telur orak-arik di atas roti panggang.
  2. Untuk makan siang, hidangkan setengah potong ikan mackerel dengan campuran sayuran.
  3. Untuk makan ringan, hidangkan secangkir susu dan crackers/keripik atau biskuit.
  4. Untuk makan malam, hidangkan setengah paha ayam dengan mie rebus dan campuran sayuran.

Anda juga bisa memadupadankan atau mengganti sajian di atas dengan makanan sumber protein lainnya seperti tahu, yogurt, daging, keju, susu kedelai, buncis dan lain-lain.

Anak usia 7 tahun ke atas bisa mendapatkan sajian dua kali lipat dari contoh takaran di atas. Misalnya dia bisa memakan satu ikan mackerel atau paha ayam utuh. Anda juga bisa menyajikan secangkir susu di pagi hari dan secangkir lainnya di malam hari.

Keseimbangan juga Penting

Meskipun protein sangat penting bagi anak anda, perlu diingat bahwa keseimbangan nutrisi-nutrisi penting lain (karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral) harus dipertimbangkan.

Untuk membangun kekuatan, sel-sel otot anak memerlukan aktivitas fisik dan nutrisi lainnya. Terlalu banyak atau terlalu sedikit asupan nutrisi penting tentu bukan hal baik. Terapkan keseimbangan, pengendalian, dan variasi hidangan makanan untuk memastikan pertumbuhan, perkembangan, dan kemampuan melawan penyakit pada anak dapat berlangsung dengan baik hingga dia dewasa.

 


Jangan khawatir Mam … Itu masalah kecil. Laperma Platinum solusinya!
Laperma Platinum adalah PILIHAN TERBAIK untuk penambah nafsu makan anak.
Sudah LOLOS UJI BPOM Lho!
Laperma Platinum terbuat dari madu berkualitas, ekstrak ikan salmon, temulawak dan temuireng.
Rasa madu Laperma manis dan disukai anak-anak.
Khasiat utama Laperma Platinum adalah untuk menambah nafsu makan anak dan menjaga daya tahan tubuhnya. Asyik kan!

Ini kata Mama yang sudah memberikan Laperma Platinum untuk anaknya
"Alhamdulillah Mbak, nafsu makan anak saya bertambah. Malah minta makan sendiri sekarang..."
"Bisa jadi reseller nggak?! Saya udah buktikan soalnya, anak saya jadi gak susah makannya dan daya tahan tubuhnya terjaga..."
"Ada kemajuan sist, nafsu makannya jadi meningkat, bawaannya laper terus. Makanya sekarang order lagi, terimakasih Laperma... "
"Saya sudah buktikan Laperma Platinum benar-benar bikin nafsu makan anak saya bertambah secara signifikan. Waktu itu belum habis 1 botol. Jadi cukup irit. Sekarang saya tidak kesulitan untuk nyuapin makan. Well done Laperma. Pertahankan kualitasnya..."

Sudah ribuan Mama yang mencoba, dan testimoninya positif.
Jangan tunggu lagi Mam. Beli sekarang Mam! Klik di Sini!
Laperma Platinum

About Laperma Platinum

Laperma Platinum adalah suplemen nutrisi untuk tumbuh kembang & daya tahan tubuh anak yang dibuat dari Madu Afis Mellifera, Sari Ikan Salmon, temulawak, temu ireng dan berbagai bahan herbal berkualitas. Laperma diproses dari bahan madu yang terjamin keaslian, kemurnian dan kualitasnya. Laperma Platinum Sahabat Bunda Menjaga Anak.