Perkembangan Fisik Bayi 1 Tahun


Orang tua yang baik tidak akan pernah meninggalkan segala perkembangan bayi, khususnya Perkembangan Bayi 1 tahun yang lagi lucu-lucunya.

Tanpa terasa dulu bayi yang selalu digendong kemana, belum bisa main main dengan sendirinya kini sudah mulai belajar berjalan, dan juga sudah lebih besar, lebih pintar dan lebih responsif ketika diajak bermain. Begitu banyak perubahan pada bayi ketika usianya mencapai 1 tahun mulai dari jam tidur yang lebih teratur, memainkan dengan cara mereka sendiri, dan perubahan pada berat badannya pun sudah semakin terlihat berisi.

Ketika Bayi sudah memasuki 1 tahun atau 12 bulan selain perkembangan yang harus diperhatikan pertumbuhan juga sangatlah penting untuk selalu diperhatikan untuk mendapatkan Bayi dengan predikat perkembangan dan pertumbuhan yang baik. Diusia ini pertumbuhan otak Bayi akan tumbuh dengan sangat pesat. Seperti pematangan otak, pembentukan jaras persarafan dan hubungan antar neuron (sinapsis) berkembang.

1 tahun dimana ada sebanyak 2 juta sinapsis terbentuk pada setiap detiknya dikorteks cerebri otak Bayi yang sehat. Selain terjadinya peningkatan sinapsis terjadi pula proses myelinisasi di serabut saraf yang penting bagi transmisi impuls neurotransmitter ke sinapsis.

Sangat terlihat jelas pada Perkembangan Bayi 12 Bulan ialah dengan bertambahnya berat badan bayi hingga 3 kali lipat dari berat badan saat lahir, bertambah panjang bayi hingga aeparuh dari panjang saat lahir, dan juga otaknya telah bertambah berat dengan sangat pesat hingga mencapai seperti otak dewasa.

Sejak bayi berusia 0-12 bulan terjadi perkembangan yang baik termasuk kemampuan gerak motorik kasarnya, yang dimulai dari bagian kepala terlebih dahulu kemudian kebagian kaki. Tahapan demi tahapan perkembangan bayi akan semakin terlihat. Dimulai dari mengangkat kepala, berguling, tengkurap, duduk, berdiri hingga belajar berjalan meskipun masih dengan bantuan benda sekitar.

Perkembangan Fisik Bayi 1 Tahun

Perkembangan Fisik Bayi 1 Tahun

Parents, bersiaplah untuk menyambut Perkembangan Fisik Bayi di tahun pertamanya. Biasanya Bayi akan merasa takut ketika berhadapan dengan orang yang tidak dikenalnya, berikut perkembangan bayi 1 tahun dalam hal fisiknya :

  • Berat Badan

Perkembangan pertama yang harus Anda perhatikan dari Bayi Anda yang telah menginjak 1 tahun adalah berat badannya. 1 tahun haruslah Bayi mencapai berat badan 3 kali dari berat lahirnya. Otak bayi Anda pada 1 tahun telah mencapai 60% dari berat dan besar otak orang dewasa. Setelah kenaikkan berat badan yang cukup pesat pada tahun pertama kehidupan, berat badan Bayi Anda akan melambat, apalagi karena aktivitasnya yang kian bertambah.

  • Kemampuan Motorik

Motorik atau kemampuan bergerak Bayi Anda pun akan mengalami perkembangan yang cukup berarti. Perkembangan Bayi yang harus diperhatikan adalah Bayi sudah dapat berdiri sendiri atau bahkan telah dapat melangkahkan kakinya untuk pertama kali. Bila belum, terus dukung Bayi Anda untuk dapat melakukan kemampuan ini.

Perkembangan Bayi lainnya yang harus diperhatikan di usia ini adalah, ketika Bayi seharusnya sudah dapat makan dengan menggunakan jari-jemarinya sendiri, membantu orangtua ketika orangtua memakaikan mereka baju, dan dapat membolak-balik halaman buku. Anda mulai dapat melatih Bayi Anda menggunakan sendok dengan benar, pura-pura mengangkar telepon dan menyisir rambut sendiri. Meski belum dapat melakukannya dengan sempurna, ia sudah mengerti maksud pelatihan Anda.

  • Kemampuan Sosial dan Emosional

Perkembangan Bayi 12 bulanlainnya adalah perkembangan dari segi psikologisnya. Pada usia ini, Bayi menjadi pemalu dan takut bila berada di sekitar orang asing yang tidak dikenalnya. Dan jangan kaget bila Bayi Anda menangis bila ditinggal oleh orangtua dan pengasuhnya. Bayi Anda pun kini memiliki beberapa orang favoritnya, seperti orangtua, pengasuh atau saudaranya. Bayi juga sudah memiliki benda favoritnya seperti mainan, guling atau selimut sehingga seringkali Bayi menangis bila benda favoritnya ini diambil dari jangkauan mereka. Pada usia ini mereka pun sudah dapat memberikan buku cerita kepada orangtua bila ingin mendengarkan cerita dongeng favoritnya.

  • Kemampuan Berbahasa dan Berkomunikasi

Menginjak 1 tahun, Bayi akan mengerti dan dapat merespon perintah atau permintaan Anda yang sederhana. Iya pun mulai dapat memperlihatkan beberapa gerakan sederhana untuk mengisyaratkan keinginannya, seperti menggelengkan kepala atau melambaikan tangannya sebagai symbol selamat tinggal. Dan dibidang bahasa adalah ia mulai dapat memberikan intonasi terhadap celotehan atau teriakannya. Dan paling penting, ia berusaha mengikuti untuk mengatakan kata-kata yang Anda ucapkan.

  • Kemampuan Kognitif (Belajar dan Memecahkan Masalah)

Perkembangan Bayi 12 bulan yang tidak boleh luput dari perhatian adalah kemampuan belajar, berpikir dan memecahkan masalah yang ia tunjukkan. Pada 1 tahun, Bayi Anda biasanya sudah mampu menemukan benda yang Anda sembunyikan secara sederhana, meniru gerakan Anda, mengeksplorasi benda secara menyeluruh seperti menggoyang-goyangkan bendanya, memukul benda atu melempar bedna. Iya juga sudah dapat menaruh mainan di dalam suatu wadah atau juga mengeluarkan mainan sendiri. Bayi pun sudah dapat menunjuk atau menoel sesuatu dengan jari telunjuknya.


Jangan khawatir Mam … Itu masalah kecil. Laperma Platinum solusinya!
Laperma Platinum adalah PILIHAN TERBAIK untuk penambah nafsu makan anak.
Sudah LOLOS UJI BPOM Lho!
Laperma Platinum terbuat dari madu berkualitas, ekstrak ikan salmon, temulawak dan temuireng.
Rasa madu Laperma manis dan disukai anak-anak.
Khasiat utama Laperma Platinum adalah untuk menambah nafsu makan anak dan menjaga daya tahan tubuhnya. Asyik kan!

Sudah ribuan Mama yang mencoba, dan testimoninya positif.
Jangan tunggu lagi Mam. Beli sekarang Mam! Klik di Sini!