Cara Mengatasi Balita Yang Tidak Mau Makan Nasi

Posted on

Apakah buah hati anda yang masih balita malas-malasan saat anda hendak memberinya makan berupa nasi? Dan hanya ingin makan snack saja? Jika benar jangan biarkan hal itu terus menurus terjadi yah Mam. karena dampak dari balita susah makan sangat luas, mulai dari masalah pada gizi, proses tumbuh kembang, bahkan perkembangan otak buah hati anda pun bisa terhambat karena masalah susah makan ini loh Mam.

Tapi Mama tak perlu khawatir karena Tuhan tidak akan menciptakan masalah tanpa solusinya. Berikut beberapa solusi untuk Mama yang memiliki anak balita susah makan nasi. Selamat menyimak!

Dikasih nasi tidak mau buka mulut. Lebih-lebih sayur. Hufh..
Kami punya solusinya. Produk herbal terbaik untuk Menambah Nafsu Makan Anak
Laperma Platinum.. Sebotol madu kecil untuk tumbuh kembang si kecil. Klik di Sini Mam..
  • Memberikan variasi menu

Orang dewasa saja pasti akan merasa jenuh dan bosan jika makanan yang mereka makanan itu-itu saja setiap hari kan Mam? apalagi si Kecil. Jadi Mama harus pandai memvariasikan makanan si Kecil setiap harinya, Misalnya saja hari senin menu sayur bayam dengan ayam goreng, maka berikutnya jangan menu sayur bayam dan ayam goreng lagi Mam. jika selama ini menu makanan si Kecil itu-itu saja, mungkin itulah penyebab anak balita tidak mau makan.

  • Jangan selingi minum saat makan

Jika saat makan si Kecil sering sekali minum, misal satu suapan sudah minta minum, begitu seterusnya maka dijamin makannya gak akan dihabisin Mam.

Baca Juga: Tips Untuk Mengatasi Anak Susah Makan

  • Mengenalkan makanan pada waktu yang tepat

Kesalahan yang menjadi penyebab sehingga anak balita susah makan adalah Mama mengenalkan makanan pada si Kecil diwaktu yang salah. Misalnya karena kewalahan dalam memberi ASI untuk si Kecil Mama terlalu cepat memberinya MPASI (makanan pengganti ASI) itulah sebabnya mengapa si Kecil menjadi susah makan nasi karena dia terlalu dini mengenal nasi. Sehingga saat usia bertambah sedikit saja dia sudah bosan dengan nasi.

Mengatasi Balita Tidak Mau Makan Nasi

  • Hindari camilan mendekati jam makan

Jangan sampai Mama membiarkan si Kecil ngemil sebelum makan! Dampaknya? Sudah jelas dia akan malas-malasan saat waktu makan nasi tiba. Karena snack akan membuat anak memiliki perasaan kenyang dan makan nasi menjadi hal yang menjenuhkan untuk si Kecil.

  • Jangan suruh si Kecil makan dengan dengan cepat

Namanya juga anak-anak Mam wajar saja jika makannya lambat, bebaskan dia makan tanpa menegurnya,karena dengan menugur si Kecil waktu dia lagi makan malah akan membuat mood makannya jadi berantakan.

Baca Juga: Suplemen Yang Baik Untuk Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Balita Yang Tidak Mau Makan Nasi

  • Mengatur waktu makan secara tepat

Atur waktu makan anak agar dia menjadi disiplin, lebih baik lagi jika Mama membuatkan jadwal makan tertulis, bisa Mama tempel dikamarnya agar Mama tidak selalu harus mengingatkannya. Karena jika anak terlalu sering disuru makan oleh orang lainakan membuatnya jenuh dan justru tidak disiplin dalam hal makan.

  • Libatkan anak dalam menyiapkan menu

Jika buah hati anda perempuan ajak dia menyiapkan makanan di meja makan. Cara ini terbukti efektif membuat anak lebih bersemangat untuk makan, hal ini dikarenakan dia merasa ikut andil dalam menyiapakan makanan sehingga menimbulkan rasa tanggung jawab atas makanan tersebut. Jika dia merasa bertanggung jawab maka akan timbul keinginan untuk menghabiskan makanannya.

Baca Juga: Terapi Untuk Anak Susah Makan Agar Mau Makan

  • Biarkan anak memilih menu makan

Biarakan si kecil memilih menu makan apa yang akan dimasak untuk hari ini. Mama bisa bertanya kepadanya apa yang dia inginkan untuk menu makan hari ini. Dengan cara seperti ini anak akan merasa lebih dihargai dan akan lebih antusias untuk makan. Usahakan untuk memasukkan pendapat dari si Kecil saat hendak melakukan sesuatu untuknya jangan bertindak sebelah pihak. Jangankan orang tua anak pun akan merasa senang jika dihargai yah Mam.

  • Jangan menggunakan kekerasan

Walaupun menghadapi anak susah makan memang menyebalkan, tapi jangan sekali-sekali gunakan paksaan apalagi sampai memukul si Kecil yah Mam! walaupun dengan cara itu berhasil membuatnya makan, maka dia akan makan atas dasar rasa takut kepada Mama bukan atas dasar kemauannya sendiri.

  • Menunggu saat lapar

Tunggulah hingga si Kecil benar-benar lapar yah Mam. karena dengan terus memaksanya makan saat dia masih kenyang tidak akan membuat dia mau makan.

  • Gunakan peralatan makan yang manarik

Mama bisa membeli alat makan khusus anak-anak yang tentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi anak-anak, misal piring dengan warna terang dan bergambar lengkap dengan sendok dan gelasnya yang manarik perhatian si Kecil.

  • Pisah antara nasi dengan lauk

Saat si Kecil melihat nasi dan lauk dalam satu wadah maka timbul rasa malas untuk memakannya karena hal itu terlihat tidak menarik sama sekali bagi anak kecil.

Baca Juga: Memahami Alasan Anak Susah Makan

  • Biarkan anak mengambil sendiri

Bebaskan dia memilih lalu mengambil sendiri lauk apa yang hendak dia ingin makan waktu itu.

  • Jadilah seorang Mama yang pengertian

Anak-anak itu butuh dimengerti Mam. maksudnya dimengerti bukan berarti Mama harus menuruti semua keinginannya dan membiarkan sikapnya yang malas-malasan makan yah. Maksudnya mengertilah kondisi anak, sedang melakukan apakah dia saat anda menyuruhnya makan, atau apa yang membuatnya tidak mau mau makan, Mungkin si Kecil tidak enak badan. Tetap jadi Mama yang pengertian yah Mam.

  • Jangan berikan porsi besar untuk si Kecil

Memberikan porsi makan yang besar pada anak-anak justru akan membuatnya berfikir saat melihat porsi banyak bahwa dia tidak akan sanggup menghabiskan makanannya. Untuk membujuk anak supaya mau makan jangan langsung memberikan dalam porsi yang besar. Anak dengan melihat porsi yang banyak sudah malas duluan untuk memakannya. Cobalah untuk memberikan anak dalam porsi yang kecil.

  • Lakukan pendekatan intens

Ini bagi Mama yang memiliki anak balita yah, tujuannya sih supaya si Kecil tidak bosan. Mama bisa nyuapin sambil ngobrol atau bercanda bareng si Kecil.

  • Buat anak selalu merasa nyaman saat makan

Apapun yang terasa nyaman pasti akan baik hasilnya kan Mam, begitu pula saat si Kecil makan jika dia merasa nyaman saat makan maka kemungkinan dia untuk menghabiskan makanannya akan lebih besar.

Baca Juga: Hal Yang Menjadi Penyebab Anak Satu Tahun Susah Makan

  • Biarkan Anak Mandiri

Ketika anak sudah diatas tiga tahun dan minta untuk makan sendiri tanpa disuapin Mama lagi itu sah-sah aja kok, Mama Cuma perlu mengawasi si Kecil saja.

  • Penambah nafsu makan

Cara terakhir yang wajib Mama coba adalah beri si Kecil penambah nafsu makan. Kami sarankan Mama untuk memberikan Laperma Platinum kepada buah hati Mama. Kenapa harus Laperma Platinum ? karena Laperma Platinum adalah minuman berbahan dasar madu sebagai nutrisi untuk tumbuh kembang & daya tahan tubuh anak yang dipadu dari bahan berkualitas dan bermanfaat untuk tubuh anak.

Laperma Platinum hadir dengan khasiat Madu Afis Mellifera, Sari Ikan Salmon, temulawak, temu ireng dan lempuyang, yang kesemuanya memberikan manfaat baik untuk Masa Keemasan anak. Laperma™ Platinum juga diproses dari bahan madu yang terjamin keaslian, kemurnian dan kualitasnya. Proses pembuatan Laperma™ Platinum dilakukan dengan standar ketat dan lingkungan kerja yang hygienis


Incoming Search:

anak susah makan nasi | anak susah makan nasi dan minum susu | anak susah makan nasi apa solusinya | anak susah makan nasi dan sayur | anak susah makan nasi balita | bayi susah makan nasi tim | tips anak susah makan nasi | anak susah nak makan nasi | vitamin anak susah makan nasi | anak 2 tahun susah makan nasi

Itu dulu. Waktu saya belum kenal Laperma Platinum.
Setelah tau ada produk herbal untuk atasi masalah malas makan, semua beres.
Terima kasih Laperma Platinum, urusan makan anak saya jadi mudah.
Mama juga mau?