5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 2 Tahun

Posted on

Untuk anak susah makan usia 2 tahun, cara mengatasinya berbeda dengan anak susah makan usia 1 tahun. Pada anak susah makan usia 2 tahun mereka sudah mengenal cemilan. Nah, biasanya anak yang sudah mengenal cemilan akan menjadi susah makan.

Berikut ini beberapa cara mengatasi anak susah makan usia 2 tahun :

Dikasih nasi tidak mau buka mulut. Lebih-lebih sayur. Hufh..
Kami punya solusinya. Produk herbal terbaik untuk Menambah Nafsu Makan Anak
Laperma Platinum.. Sebotol madu kecil untuk tumbuh kembang si kecil. Klik di Sini Mam..
  • Jangan Paksa Anak Makan, tapi Ganti dengan Cemilan Sehat

Salah satu penyebab anak susah makan di usia 2 tahun adalah karena anak sudah bisa menentukan kapan dia merasa kenyang. Kalau anak sudah merasa kenyang, anak akan menolak makanan apapun. Anak memiliki ukuran lambung yang kecil jadi tidak bisa menampung banyak makanan. Lambung anak hanya sepertiga ukuran lambung orang dewasa. Jadi anak akan cepat merasa kenyang meski baru mengonsumsi sedikit makanan. Jangan memaksa anak untuk makan. Agar kebutuhan gizi tercukupi, berikan cemilan sehat.

  • Jangan Berikan Cemilan Satu Jam Sebelum Makan

Cemilan adalah kesukaan anak, tapi bisa mengganggu jam makan. Jadi, setidaknya satu jam sebelum makan, anak jangan diberi cemilan, terutama cemilan manis karena bisa menyebabkan selera makan anak menjadi kurang.

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 2 Tahun

Sebenarnya banyak hal yang harus kita bahas tentang cemilan untuk anak ini karena selain menjadi faktor pemicu anak menjadi susah makan nasi, cemilan juga berpotensi menjadi faktor penyebab anak menderita penyakit apabila cemilannya tidak sehat atau kotor.

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 2 Tahun

  • Tentukan Jam Makan yang Disiplin

Waktu makan anak sebaiknya dibatasi hingga 45 menit agar dia tidak merasa tersiksa.

Dyah Pusmala, SpA, M.Kes (dokter spesialis anak, penulis buku bestseller Panduan Perawatan Bayi Sejak Lahir Hingga Usia 5 tahun)

Baca Juga : Vitamin Nafsu Makan Anak

Pola makan yang tidak teratur bisa membuat anak dan tubuhnya menjadi bingung. Jadi, Mama sebaiknya membuat pola makan teratur pada jam-jam tertentu sesuai dengan kondisi yang memungkinkan.

Bukan cuma jam makanya saja. Mengatur berapa lama jam makan berlangsung juga penting. Jika anak susah makan maka coba perhatikan berapa lama proses makannya berlangsung. Jika terlalu lama, anak akan berpikir bahwa kegiatan makan adalah kegiatan yang membosankan.

  • Kuatkan Ikatan Emosional dengan Anak

Jika hubungan Mama dengan anak tidaak baik dan anak benci pada pada Mama, anak tidak akan mau menuruti kemauan Mama, termasuk juga tidak mau makan. Hal seperti ini sering terjadi para orang tua yang sering marah, berteriak, mencela, atau bahkan melakukan kekerasan fisik pada anak. Hal-hal demikian adalah cara mengatasi anak susah makan usia 2 tahun yang tidak dianjurkan.

Untuk para Mama, bersikaplah lemah lembut pada anak, turunkan volume suara, turunkan nada bicara, dan usahakan untuk tidak pernah melakukan kekerasan fisik walaupun hanya sekedar menjewer pada Anak Susah Makan

  • Campurkan Makanan yang Anak Suka dengan Bahan Makanan Lain

Memilih-milih makanan adalah masalah umum pada hampir seluruh anak, terutama anak yang tidak mau makan sayur dan buah. Salah satu solusi yang cukup terbukti ampuh adalah mencampurkan bahan makanan yang tidak disukai anak ke dalam makanan yang disukai. Mama bisa mencari berbagai resep dan trik-trik cerdas untuk membuat makanan sehat yang disukai anak di internet.

Itu dulu. Waktu saya belum kenal Laperma Platinum.
Setelah tau ada produk herbal untuk atasi masalah malas makan, semua beres.
Terima kasih Laperma Platinum, urusan makan anak saya jadi mudah.
Mama juga mau? Baca info lengkapnya di sini...