Bagaimana Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi Usia 2 Tahun

Posted on

AgenLaperma.com – Untuk bunda yang memiliki balita yang berusia 2 tahun lebih, dan mempunyai masalah susah makan yang mungkin juga dialami oleh kebanyakan bunda lainnya diluar sana. Beberapa keluhan bahkan menyebutkan kalau si kecil hanya mau mengonsumsi susu tertentu saja dan tidak mau makan nasi sama sekali selama beberapa bulan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa bunda coba untuk mengatasi anak susah makan nasi.

Tips Mengatasi Anak 2 Tahun Susah Makan Nasi

Bunda bisa mencoba terlebih dahulu untuk menyajikan variasi makanan untuk si kecil, memberikan makanan dengan menu yang berbeda dengan menu makan biasanya yang bunda berikan, disajikan dengan bentuk makanan yang menarik, dan jangan mudah menyerah untuk tetap menawarkan kepada si anak meskipun ia sudah pernah menolaknya. Mudah-mudahan si kecil bisa beradaptasi dengan makanan yang bunda berikan dalam beberapa kali pemberian.

Dikasih nasi tidak mau buka mulut. Lebih-lebih sayur. Hufh..
Kami punya solusinya. Produk herbal terbaik untuk Menambah Nafsu Makan Anak
Laperma Platinum.. Sebotol madu kecil untuk tumbuh kembang si kecil. Klik di Sini Mam..

Penting bagi bunda untuk tetap memastikan bahwa si kecil sudah mendapatkan nutrisi yang mencukupi kebutuhannya, dan berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab anak tidak mau makan nasi:

  • Si kecil sudah mengonsumsi jenis cemilan padat kalori sebelum makan makanan yang Anda tawarkan, hal inilah yang menyebabkan ia tidak merasa lapar. Seperti ngemil coklat, permen, minuman ringan, snack dll. ada baiknya untuk bunda agar dapat mengatur waktu pembelian cemilan atau selingan makanan untuk menghindari hal ini. Jangan lupa pula untuk memberikan makanan yang sehat seperti sayur kukus, keju, potongan buah, yoghurt, cake dan es krim.
  • Karena sudah minum susu dalam jumlah yang banyak. Dalam kebanyakan keluarga, susu merupakan salah satu makanan yang dianggap bisa menggantikan posisi makanan utama seperti sayur dan nasi, hal ini dikarenakan mereka beranggapan pemberian susu bisa memberikan asupan untuk si kecil daripada tidak mengonsumsi apapun. Perlu untuk Anda ketahui bahwa setelah berusia 1 tahun, susu bukanlah menu yang wajib, hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi susu hanya akan memenuhi kebutuhan fosfor dan kalsium saja, sedangkan nutrisi tersebut sebenarnya sudah bisa Anda dapatkan dari makanan sehari-hari seperti ikan, buah dan sayur-sayuran, jadi mulailah melatih si kecil dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.
  • Anak kecil terkenal dengan sifatnya yang mudah bosan, tidak jauh berbeda dengan point yang pertama, agar Anda memberikan asupan makanan yang bervariasi, baik dalam penyajian maupun ragam jenis makanannya. Hal ini akan dapat menambah selera makan si kecil.

Si kecil yang sudah berusia 2 tahun adalah masa aktif-aktifnya bermain dan mengeksplorasi dunia sekitarnya, dan si kecil akan dengan mudahnya menganggap jam makan itu sangat mengganggu kegiatannya. Untuk mengatasi hal semacam ini Anda hanya perlu menyelipkan jam makan pada aktivitasnya, semisal ketika sedang menonton TV anda bisa menyuapinya atau pada saat ia sedang bermain anda juga bisa melakukannya.

Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir pada anak yang sudah berusia 2 tahun karena tidak mau makan, karena perlu diingat bahwa ketika ia sudah merasa lapar, maka dengan sendirinya ia akan tahu bahwa makan adalah solusi mengatasi rasa laparnya. Jadi tetaplah kreatif menyajikan makanan untuk si kecil, jalin komunikasi dengannya dengan baik dan teruslah belajar menjadi orang tua yang mengerti apa keinginannya setiap saat dan senantiasa bersabar menghadapinya.

Itu dulu. Waktu saya belum kenal Laperma Platinum.
Setelah tau ada produk herbal untuk atasi masalah malas makan, semua beres.
Terima kasih Laperma Platinum, urusan makan anak saya jadi mudah.
Mama juga mau?