5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi

Posted on

AgenLaperma.com – Kebanyakan masalah anak susah makan akan terjadi ketika usia anak masuk dalam fase batita, ketika sudah secara penuh terlepas dari ASI dan ia mulai rutin mengonsumsi jenis makanan padat, ia akan semakin mengenal beragam varian rasa makanan dan juga minuman. Pada tahap ini, anak akan mulai mengembangkan preferensi pada makanan, ia kemudian akan mampu memilah makanan yang ia sukai dan mana makanan yang tidak ia sukai.

Jika si kecil susah makan, tidak sedikit orang tua akan selalu merasa khawatir atau bahkan sampai frustasi karena tidak mengerti apa yang harus dilakukan untuk membuat si kecil menjadi doyan makan kembali, hal ini tentu saja akan berbeda jika si kecil selalu melahap makanan yang bunda hidangkan, tidak perlu adanya “pemaksaan” dalam mengonsumsi makanan lagi kan?

Dikasih nasi tidak mau buka mulut. Lebih-lebih sayur. Hufh..
Kami punya solusinya. Produk herbal terbaik untuk Menambah Nafsu Makan Anak
Laperma Platinum.. Sebotol madu kecil untuk tumbuh kembang si kecil. Klik di Sini Mam..

5 Tips untuk Mengatasi Anak Susah Makan Nasi

Untuk si kecil yang selalu pilih-pilih makanan sehari-hari, mungkin ke 5 tips dibawah ini akan bisa membantu bunda ketika si kecil mulai pemilih makanan dan tetep susah mengonsumsi makanan yang bunda sajikan.

  • Tidak Ada Paksaan

Cara ini berada pada urutan yang pertama ya bund, karena banyaknya tips yang mungkin sudah bunda baca dan juga sudah di coba tapi masih saja si kecil tetap pada pendiriannya “tidak mau makan nasi”. Cobalah untuk selalu bersikap tenang menghadapi si kecil yang tidak mau makan nasi. Tanyakan baik-baik kenapa sih ia tidak mau makan, lalu coba tawarkan alternatif makanan lain yang menurut bunda juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, karena kalau dengan memaksanya untuk mengonsumsi makanan yang ia tidak sukai, justru akan membuat ia memberikan kesan buruk pada makanan yang bunda paksakan itu.

  • Pola Makan Teratur

Hal ini yang paling sering tidak dilakukan oleh kebanyakan orang tua, yaitu dengan menerapkan pola makan yang teratur dan sama setiap harinya. Cara seperti ini kebanyakan manjur untuk mengatasi anak yang susah makan, yah, meskipun si kecil menolak makanan ketika jadwal makannya tiba, namun pada waktu selanjutnya, pada hari selanjutnya lama kelamaan ia akan paham bahwa pada waktu tertentu pasti akan tersedia makanan yang ia harus makan. Dan ketika ia sudah terbiasa dengan rutinitas tersebut, masalah susah makan bisa teratasi.

  • Variasi Menu Makanan

Kebanyakan anak punya sifat yang cepat bosan, dan tidak terkecuali terhadap makanan yang ia konsumsi. Ketika ia sudah bosan pada makanan tertentu, maka tentu saja ia tidak mau menyantapnya. Untuk mengatasi hal ini, memvariasikan jenis makanan perlu untuk bunda lakukan, berikan makanan yang beragam dan berbeda-beda setiap harinya, tapi ingat, variasi makanan ini tentu saja dengan tetap memperhitungkan nutrisi yang terkandung dalam makanan yang bunda sajikan sehingga kebutuhan nutrisi dan vitamin harian si kecil tetap dapat terpenuhi dengan baik untuk menunjang tumbuh kembangnya.

  • Tidak dengan Porsi Berlebih

Meskipun bunda mementingkan kandungan nutrisi agar dapat terpenuhi setiap hari, bunda tidak perlu menyajikan semuanya dalam satu porsi makanan, karena itu akan membuat porsi makanan yang tidak sedikit. Kebanyakan anak akan merasa ogah makan melihat jumlah makanan yang banyak, jadi ada baiknya untuk menyajikan dalam porsi yang lebih sedikit, dan akan lebih baik jika sudah habis ia mau nambah satu porsi lagi.

  • Menggunakan Alat Makan Khusus

Tips selanjutnya adalah tidak hanya variasi pada porsi makanan atau jenis makanan. Tapi lebih ke alat yang digunakan untuk makan, yah, piring, sendok atau gelas yang digunakan oleh si kecil. Menggunakan alat makanan yang menarik, dengan warna atau bentuk yang disukai oleh si kecil akan menambah suasana makan menjadi menyenangkan sehingga si kecil akan lebih suka ketika waktu makan tiba dan mau mengonsumsi makanan yang disajikan bersamaan dengan alat makanan yang ia sukai tersebut.

Saat si kecil menolak makanan yang bunda tawarkan, belum tentu karena ia tidak menyukai makanan tersebut, tapi bisa jadi memang ia belum merasa lapar, atau karena sebab lain, semisal dikarenakan sakit sehingga tidak ada nafsu makan, nah disinilah peran penting orang tua untuk tetap memperhatikan apa yang terjadi pada anaknya.


Incoming Search:

cara mengatasi anak susah makan nasi usia 2 tahun | cara mengatasi anak susah makan nasi usia 1 tahun | cara mengatasi anak susah makan nasi dan sayur | mengatasi anak balita susah makan nasi

Itu dulu. Waktu saya belum kenal Laperma Platinum.
Setelah tau ada produk herbal untuk atasi masalah malas makan, semua beres.
Terima kasih Laperma Platinum, urusan makan anak saya jadi mudah.
Mama juga mau?